Optimalkan Xpora, BNI Ajak UMKM Kopi Company Matching

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM –PT Lender Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI terus melanjutkan ekspansi plan BNI Xpora di tengah meningkatnya potensi ekspor produk dalam negeri bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

BNI bekerja sama dengan National Aid for Regional Investment Local weather (NSLIC), Kedutaan Besar Kanada, Kedutaan Besar Filipina, Kedutaan Besar Jerman, dan PT Sarinah untuk menggelar Business Matching untuk membuka peluang produk UMKM Indonesia untuk go world. 

Kali ini, UMKM binaan BNI yang memiliki usaha kopi diikutsertakan dalam Business enterprise Matching tersebut. 

Kerja sama ini dikukuhkan dalam ajang Intercontinental Company Matching Ijen Coffee Industry 2022, awal pekan ini.

Di mana dalam Company Matching ini, pelaku UMKM khususnya dari industri perkopian Tanah Air akan bertemu dengan calon buyer dari Kanada, Jerman, dan Filipina.

Direktur Bisnis UMKM BNI, Muhammad Iqbal dalam siaran pers Kamis (10/3/2022) menyampaikan, sebagai penyumbang kurang lebih 60% dari Produk Domestik Bruto (PDB) dan juga menyerap kurang lebih 90% dari whole tenaga kerja di dalam negeri, UMKM menjadi motor pendorong utama pertumbuhan ekonomi Indonesia. 

Baca Juga: BNI Dorong Sindikasi di Akhir tahun

Pemerintah pun proaktif mendorong UMKM untuk naik kelas dan menjadi pemain di pasar global dengan berbagai kebijakan fiskal.

Namun, inisiatif ini membutuhkan kerja sama dari berbagai pihak, guna mewujudkan UMKM yang berdaya saing internasional.