KAI Solutions dan Dompet Dhuafa Bagikan Paket Berbuka untuk Para Porter Stasiun

Jasa mereka untuk membantu kelancaran para pemudik sesungguhnya begitu besar

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA– Hilir mudik masyarakat Indonesia pada Ramadhan 1443 ini sudah kembali ramai usai 2 (dua) tahun pelarangan mudik lebaran sebab tingginya kasus pandemi. Ramadan kini, baik pagi, siang maupun malam, suasana stasiun kereta selalu saja ramai. Ramadan pun sudah kembali menjadi ladang menyemai kebaikan. KAI Services sebagai anak perusahaan PT KAI (Persero), yang menjadi operator Restaurant di seluruh Kereta berinisiasi untuk mengajak pelanggan memberikan sedikit rejekinya.

&#13
Pengumpulan dana salah satunya bekerjasama dengan Dompet Dhuafa dan juga aksi saat penyaluran bantuannya. Dana yang terkumpul akan diberikan Paket makanan ini terdiri dari Nasi Goreng Kereta dan air mineral.

&#13
Pada Jumat (22/4/2022), KAI Solutions besama Dompet Dhuafa, membagikan 110 paket makanan kepada para porter yang berada di Stasiun Gambir. Hari esoknya, Sabtu (23/4/2022), 90 paket makanan dibagikan di Stasiun Pasar Senen. Kemudian pada Senin (25/4/2022), bagi-bagi makanan kepada porter berlanjut di Stasiun Tugu Yogyakarta sebanyak 120 paket. 

&#13
Eva Junia Kartika, Vice President Sales on Train  KAI Solutions menyampaikan, keberadaan porter sudah tidak asing pagi para pemudik yang menggunakan moda kereta di setiap stasiun. Keberadaan porter ini untuk membantu para penumpang mengangkut barang. Namun selama 2 (dua) tahun belakangan harapan mereka dalam mencari nafkah terpasung pandemi hingga ada yang sampai berhenti sementara karena sepinya penumpang yang bepergian.

&#13
“Kami ingin mendekatkan para petugas, para porter dan para pelanggan. Maka pengumpulan dana dari masyarakat melalui Dompet Dhuafa, kami ajak para pelanggan untuk ikut peduli terhadap salah satu profesi yang mungkin banyak yang mengesampingkan, yaitu porter stasiun. Mereka ini bukan lah karyawan yang memiliki gaji, melainkan digaji atas upah dari para penumpang yang memakai jasa mereka. Dengan kegiatan ini, kami berharap banyak masyarakat yang memiliki perhatian kepada para porter stasiun,” jelas Eva, Jumat (22/4/2022) jelang mendistribusikan paket makanan makanan kepada para porter di stasiun Gambir, Jakarta.

&#13
Dian Sukma Riany selaku Corporate Partnership Dompet Dhuafa mengatakan, Dompet Dhuafa sangat senang sekali dapat kembali berkolaborasi dengan KAI Solutions dalam dukungannya pada Ramadan kali ini. Jasa mereka untuk membantu kelancaran para pemudik sesungguhnya begitu besar dibanding dengan upahnya yang tak seberapa. Bagi-bagi paket makanan ini juga sebagai bentuk apresiasi dari penumpang kepada para porter.

&#13
Dengan adanya aksi berbagi makanan ini, para porter pun mengaku sangat senang. Dengan antusias, saat pembagian makanan, mereka dengan kompak dan sangat rapi bergegas mengampiri tim KAI Solutions dan Dompet Dhuafa untuk berbuka bersama. Raut muka tersenyum mereka pun tak bisa tertutupi meski memakai masker.

&#13
Salah satu porter di stasiun Gambir dengan nomor 102, Usup H mengucapkan terima kasih mewakili rekan-rekannya. Menurutnya, hal semacam ini jarang adanya apalagi selama 2 tahun terakhir ini saat pandemi.  “Terima kasih kepada pelanggan yang telah memberikan paket nasi goreng . Mudah-mudahan menjadi berkah untuk semua yang terlibat,” ucapnya.

&#13
Selain itu KAI Solutions mengajak beberapa komunitas lain pun turut mengambil peran seperti Railfans, perkumpulan para pecinta kereta api. Mereka turut andil dalam kepedulian ini dengan membagikan secara teratur paket makanan kepada para porter. 

&#13
“Ini adalah aksi yang sangat bagus, karena porter ini adalah para tenaga tanpa upah. Saya yakin paket makanan ini sangat membantu mereka, setidaknya mengurangi biaya mereka untuk makan,” terang Romulus, Koordinator Railfans Indonesia.

&#13
Tentang Dompet Dhuafa

&#13
Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 28 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.

&#13
 

&#13