Job Seeker Wajib Tahu! Ini Dia Perbedaan Sales dan Marketing

Ditinjau dari pengertian, kedua bidang pekerjaan ini cukup berbeda, lho.

Marketing adalah seluruh kegiatan yang dirancang untuk menentukan harga, mempromosikan produk, mendistribusikan produk, merencanakan produk, serta menganalisis pasar yang bertujuan meningkatkan ketertarikan konsumen, dan kepuasan kepada konsumen.

Sedangkan, sales adalah orang-orang yang menjual langsung dengan konsumen, menawarkan konsumen untuk membeli produk dari perusahaan, serta bertanggung jawab menjaga hubungan dengan calon klien untuk membeli produk.

Kesimpulannya, sales yang berjualan dan marketing yang merencanakan strategi untuk meningkatkan penjualan pada perusahaan.

Bagaimana Proses Kerja Sales dan Marketing?

Poin kedua yang membedakan sales dan marketing adalah dilihat dari proses kerjanya. 

Dilihat dari pengertian sales yang menawarkan langsung ke konsumen. Maka, proses kerja dari sales tidak jauh-jauh berinteraksi langsung dengan konsumen. Baik secara daring, mau pun terjun langsung ke lapangan one-on-one dengan konsumen.

Nah, sebelum tim sales berjualan langsung dengan konsumen. Tim marketing terlebih dahulu menyiapkan analisa pasar dan mengidentifikasikan kebutuhan konsumen seperti apa. 

Jadi, tugas tim marketing adalah memikirkan pangsa pasarnya, cara promosi, kelebihan, dan kekurangan produk serta membayangkan strategi agar produk laku terjual.

Sehingga, perbedaan proses kerja sales dan marketing adalah tim marketing menyiapkan strategi pemasaran produk sebelum tim sales yang akan menawarkan produk secara langsung ke konsumen serta melayani apa yang dibutuhkan konsumen.

Apa Target Sales dan Marketing?

Target dan durasi juga yang membedakan antara sales dan marketing.

Karena seorang marketer bertugas menganalisis pasar, dan memikirkan cara promosi. Maka, target dari tim marketing berupa melakukan cara promosi yang memikat para konsumen dan harus bisa meningkatkan jangkauan bisnis ke berbagai pelanggan dalam perusahaan serta membangun campaign yang ditujukan dalam jangka waktu yang lama. 

Berbeda dengan sales. Target tim sales adalah mengarahkan konsumen hingga ke tahap pembelian dan meyakinkan calon konsumen agar bisa membeli produk yang ditawarkan.

Marketing dalam jangka waktu panjang. Sales sebaliknya biasanya dalam jangka waktu yang pendek bisa mingguan hingga bulanan.

Jadi, singkatnya perbedaan target sales dan marketing adalah marketing menjangkau bisnis ke berbagai pelanggan dalam jangka waktu yang lama. Sedangkan, sales dalam jangka waktu pendek bisa mingguan atau bulanan.

Meskipun begitu, tujuan dari dua bidang pekerjaan ini sama. Yakni mencapai target keuntungan maksimal dalam perusahaan dan keduanya saling mengisi satu sama lain.

Apa Tujuan Dari Sales dan Marketing?

Tujuan sales dan marketing memiliki perbedaan.

Tujuan dari tim marketing wajib menjaga brand image dari sebuah produk. Karena konsumen akan membeli produk dengan melihat kualitas produk tersebut.

Sedangkan, sales berlaku sebaliknya. Menjaga brand image produk bagi sales bukan hal yang terpenting. Melainkan, produk perusahaan laku terjual dan mencapai target penjualan produk yang ditetapkan oleh perusahaan.

Bagaimana Aktivitas Kerja Sales dan Marketing?

Perbedaan selanjutnya antara sales dan marketing adalah aktivitas kerjanya.

Untuk tim sales akan menghubungi langsung ke calon konsumen untuk menemukan kesepakatan sehingga konsumen tertarik untuk membeli produk perusahaan.

Sedangkan, tim marketing melakukan pengecekan terlebih dahulu kualitas produk sebelum dibawakan oleh tim sales.

Bagaimana Karakteristik Pekerja Sales dan Marketing?

Nah, setelah kita mengetahui gambaran besar perbedaan antara sales dan marketing. Tipe pekerja antara kedua bidang ini juga berbeda.

Jika kamu seorang yang cenderung ekstrovert, friendly, dan senang bertemu dengan orang-orang baru. Kamu akan cocok bekerja di bidang sales.

Namun, jika kamu cenderung introvert, dan suka menganalisis. Kamu akan suka dalam bidang pekerjaan marketing. Karena bisa mengasah potensi menganalisis kamu.

Perlu diingat juga, ya. Tipe kepribadian dan karakteristik hanya sebagai referensi, dan gambaran besar untuk kamu memilih pekerjaan bukan untuk memutuskan. Raditya Dika seorang introvert namun pernah bekerja sebagai sales untuk mencukupi finansialnya.

Kesimpulannya, meskipun target dan peran diantara keduanya  memiliki perbedaan yang cukup signifikan namun tujuannya sama. Yakni, mencapai target maksimal revenue dari sebuah perusahaan.

Keduanya saling membutuhkan satu sama lain. Tim sales akan kehilangan arah jika tim marketing tidak menganalisis secara tepat terkait produk kebutuhan konsumen, dan sebaliknya.