Heboh Sendiri, Media Malaysia Sebut Pratama Arhan Jadi Alat Advertising and marketing PSSI : Okezone Bola

HEBOH sendiri, Media Malaysia yakni Makan Bola menyebut Pratama Arhan sebagai alat advertising and marketing PSSI. Mereka membuat artikel dengan judul ‘Perpindahan Pratama Arhan Jadi ‘Marketing’ PSSI?

Makan Bola memantau tingkah laku netizen Indonesia yang merasa aneh dengan sikap PSSI. Netizen Tanah Air merasa aneh kenapa PSSI terlalu membesar-besarkan proses perpindahan Pratama Arhan ke klub kasta kedua Liga Jepang, Tokyo Verdy.
&#13&#13
&#13
&#13

(Media Malaysia menyebut Pratama Arhan sebagai alat promoting PSSI)

Pada Jumat 4 Maret 2022 kemarin, Pratama Arhan bersama sang agen, Dusan Bogdanovic, diundang ke kantor PSSI. Mereka diundang untuk mengadakan konferensi pers jelang Pratama Arhan berangkat ke Jepang.

Dalam konferensi pers itu, Pratama Arhan menyebut tinggal melengkapi beberapa dokumen saja. Diperkirakan paling lambat pada Jumat 11 Maret 2022, eks pemain PSIS Semarang itu sudah siap berangkat ke Jepang.

“Saat ini sedang proses mengurus visa. Semua surat lainnya sudah siap dan ada surat khusus juga dari Kedutaan Jepang karena warga negara biasa,” kata Bogdanovic kepada awak media yang juga dihadiri MNC Portal Indonesia di kantor PSSI, Jumat 4 Maret 2022.

“Pemerintah Jepang juga sudah memberikan izin (untuk masuk). Jadi kemungkinan enam atau tujuh hari ke depan Arhan akan berangkat ke Jepang. Setelah itu karantina tiga hari tapi kalau ada perubahan kami pantau terus,” imbuhnya.
&#13&#13

Konferensi pers itulah yang mendapat sindiran netizen Indonesia. Mereka beranggapan konferensi pers di atas terlalu berlebihan.

Pratama Arhan

Sebab, ini bukan yang pertama pemain Indonesia berkarier di luar negeri. Ditambah lagi, federasi sepakbola negara lain dinilai tak ada yang selebay PSSI.

“Ini kan cuma perpindahan pemain dari klub satu ke klub lain, tapi yang heboh sendiri (HERI) kok malah federasinya?,” tulis akun Twitter @Bali_Football.

Terlepas dari itu, klub Pratama Arhan, Tokyo Verdy, belum mengalami kekalahan di tiga laga awal Liga 2 Jepang 2022. Dari tiga pertandingan awal, klub yang identik dengan warha hijau itu mendapatkan satu menang dan dua imbang.