Bank Dunia ganti EoDB menjadi Small business Enabling Atmosphere, Ini Indikatornya

ILUSTRASI. Lender Dunia

Reporter: Siti Masitoh | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Financial institution Dunia sedang merumuskan pendekatan baru untuk menilai iklim bisnis dan investasi ekonomi di seluruh dunia yaitu Enterprise Enabling Natural environment (BEE) sebagai pengganti Ease of Executing Enterprise (EoDB).

Tujuan dari BEE ini adalah untuk mempromosikan reformasi ekonomi, membuka pintu untuk berbagi pengetahuan dan dialog kebijakan bagi pemerintah, masyarakat sipil (termasuk sektor swasta), Environment Lender Team (WBG), dan lembaga pembangunan lainnya.

“Selain itu, BEE akan menyediakan knowledge sederhana yang dapat digunakan untuk penelitian sosial dan ekonomi, juga untuk saran kebijakan khusus di mana informasi rinci diperlukan, dikutip dari Environment Lender dalam Pre-Thought Take note BEE, Minggu (13/2).

Baca Juga: AS pertimbangkan copot jabatan direktur pelaksana IMF terkait skandal EoDB

Hal yang dibahas dalam BEE tersebut diantaranya:

1.  Memulai berusaha.

Ini akan berfokus ketika pengusaha baru yang sering menghadapi hambatan untuk masuk ke ekonomi formal. Di mana aturannya memberatkan, pengusaha dengan sumber daya terbatas sehingga tidak memiliki kesempatan untuk mengubah idenya menjadi bisnis yang diuntungkan dari level actively playing field.

Perusahaan yang terdaftar dapat menerima banyak keuntungan termasuk layanan hukum dan keuangan yang disediakan oleh pengadilan dan financial institution. BEE menggunakan tiga rangkaian indikator dalam bidang masuk bisnis yaitu, kualitas peraturan untuk masuk bisnis, layanan digital dan transparansi informasi untuk memulai bisnis, dan  efisiensi proses membuka usaha.

2. Lokasi bisnis.

Lokasi bisnis dinilai sangat penting untuk memperoleh ruang fisik tempat bisnis akan beroperasi merupakan unsur penting kesuksesan bagi banyak perusahaan, bahkan di era digital. Mendapatkan lokasi yang tepat dapat mempengaruhi akses bisnis ke pelanggan, transportasi, tenaga kerja, dan content, serta menentukan pajak, peraturan, dan komitmen lingkungan yang harus mereka ikuti.

BEE menggunakan tiga perangkat indikator di wilayah lokasi usaha, yaitu  kualitas regulasi sewa properti tidak bergerak, kepemilikan properti dan tata kota, kualitas layanan publik dan transparansi informasi, dan efisiensi layanan utama dalam mendapatkan lokasi bisnis.

Baca Juga: Lender Dunia setop laporan EoDB, Kementerian Investasi percaya tetap dilirik trader

DONASI, Dapat Voucer Free of charge!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer free of charge senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.