5 Ability yang Harus Dimiliki E-mail Marketing and advertising Professional

Meski kini media pemasaran dengan audio visible lebih banyak disukai, tapi pemasaran yang dilakukan dengan tulisan juga tak semata-mata ditinggalkan oleh perusahaan. Salah satu media pemasaran dalam bentuk tulisan adalah melalui electronic mail atau yang biasa disebut dengan email marketing and advertising.

Orang yang bertugas untuk memasarkan produk barang atau jasa milik perusahaan melalui electronic mail disebut dengan email promoting expert. Bagi kamu yang tertarik untuk memenuhi posisi ini di suatu perusahaan, kamu wajib memiliki setidaknya lima ability di bawah ini. apa saja? Cari tau jawabannya di bawah ini, yuk!

1. Copywriting

ilustrasi mengetik (pexels.com/Vlada Karpovich)

Copywriting adalah suatu istilah yang digunakan dalam kegiatan digital advertising untuk suatu tulisan yang bertujuan menawarkan produk. Meski biasanya di kantor ada posisi tersendiri untuk copywriter, seorang email marketing and advertising specialiast biasanya juga dituntut untuk punya kemampuan copywriting.

Di e mail advertising and marketing, tulisan penjualan akan dikirim melalui email kepada calon pembeli yang biasanya pernah membeli produk barang atau jasa perusahaan sebelumnya. Daftar para penerima email tersebut merupakan para subscriber yang berlangganan untuk menerima electronic mail dari perusahaan. Seorang email advertising expert hendaknya mampu menulis sebuah tulisan yang menarik sehingga penerima email berminat pada produk perusahaan yang ditawarkan.

2. Kreatif

5 Skill yang Harus Dimiliki Seorang Email Marketing Specialistilustrasi kreatif (pexels.com/ANTONI SHKRABA)

Tidak dimungkiri lagi di era sekarang, kreativitas amat dibutuhkan dalam pekerjaan jenis apa pun. Tak terkecuali dalam kegiatan electronic mail advertising. Seorang email advertising and marketing specialist biasanya dituntut bekerja tanpa intruksi.

Oleh karenanya, kemampuan berpikir kreatif sangat dibutuhkan di sini. Seorang email marketing and advertising professional dinilai dapat bekerja dengan baik ketika mereka dapat mencetuskan sebuah ide yang segar dalam waktu singkat. Mereka juga mampu menggaet konsumen dengan strategi marketing and advertising yang dilancarkan melalui e-mail.

Baca Juga: Pentingnya Electronic Marketing Efektif untuk Pemasaran Produk Skincare

3. Kemampuan beradaptasi

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

5 Skill yang Harus Dimiliki Seorang Email Marketing Specialistilustrasi diskusi (unsplash.com/charlesdeluvio)

Berbeda dari departemen keuangan, marketing and advertising merupakan salah satu divisi dengan tipe kerja yang dinamis dan bebas. Maka dari itu, seorang pekerja yang ditempatkan di divisi ini harus mampu beradaptasi dengan gaya kerja yang tidak stagnan.

Seorang e-mail advertising specialist sebaiknya mampu mengikuti arus dan perkembangan yang ada. Sehingga mereka pun dapat menyesuaikan pesan yang dikirimkan kepada pelanggan dengan tren terbaru. Membaca banyak buku dan artikel di online serta bersosialisasi hingga berdiskusi dengan teman adalah salah satu hal yang bisa membantu kamu beradaptasi.

4. Kemampuan analisis yang baik

5 Skill yang Harus Dimiliki Seorang Email Marketing Specialistilustrasi analisis (unsplash.com/ Adeolu Eletu)

Promoting dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang jadi ujung tombak perusahaan. Keberhasilan seorang marketer menentukan kesuksesan suatu perusahaan.

Maka dari itu, untuk menjadi seorang electronic mail advertising professional dibutuhkan kemampuan analisis yang baik. Posisi ini menuntut seseorang untuk dapat menguraikan suatu produk dalam tulisan singkat, tapi tetap bisa “menjual”. Oleh karena itu, pemahaman mengenai produk perusahaan dan sang goal penerima pesan e-mail sangat dibutuhkan di sini.

5. Desain grafis

5 Skill yang Harus Dimiliki Seorang Email Marketing Specialistilustrasi desain grafis (unsplash.com/Kerde Severin)

Mungkin di antara kamu ada yang pernah atau bahkan sering menerima email dari sebuah perusahaan. Kamu pasti pernah menemukan sebuah foto dengan desain menarik yang memuat informasi penting di dalamnya, bukan?

Walau posisi desain grafis berdiri sendiri di perusahaan, tapi mengingat perkembangan period teknologi yang menuntut komunikasi secara visual seperti sekarang ini, rasanya membuat setiap orang dituntut untuk memiliki skill desain grafis. Tak perlu membuat foto dengan desain yang rumit, sebagai electronic mail internet marketing specialiast cukup kuasai saja teknik enhancing foto yang simpel dan mungkin berguna untuk kamu gunakan dalam kegiatan electronic mail advertising.

Nah, bagi kamu yang tertarik bekerja di posisi ini, gak ada salahnya untuk mempersiapkan beberapa ability di atas dari sekarang. Kamu bisa mulai dengan talent yang menurutmu paling mudah untuk dilatih dan dikuasi, lalu menerapkannya di kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: 5 Jenis Pekerjaan Advertising and marketing yang Perlu Diketahui, Gak Cuma Jualan!

IDN Moments Group adalah media yang menyediakan platform untuk menulis.
Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.