2022, BRI Wealth Administration Bidik AUM Naik 20%

Jakarta, CNBC Indonesia – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) menargetkan kenaikan dana kelolaan prosperity management di atas 20% pada 2022. Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani mengatakan, kalau pada tahun ini makin banyak nasabah paham soal investasi apalagi pertumbuhan pada Desember 2021 hingga Januari 2022 sudah mencapai 26%. 

“Beneath administration pada Desember hingga Januari saja sudah sangat signifikan dari Rp 124 triliun menjadi 147 triliun, jadi kira-kira sudah naik 26%. Dengan pemahaman yang semakin tinggi, kami berharap pertumbuhan secara tahun ke tahun lebih dari 20%,” ungkap Handayani, Sabtu (26/2/2022).

Untuk mencapai concentrate on tersebut, menurut Handayani bukanlah hal yang mudah, apalagi saat ini situasi juga cukup sulit dengan adanya rencana tappering off dan juga situasi Rusia-Ukraina.

“Sehingga kami harus memberikan literasi yang tepat tentang dampak kondisi saat ke ini ke IHSG, ke harga sama, dan masih banyak lagi. Tantangannya, kami harus sering bicara kepada nasabah agar tidak salah dalam memilih instrumen investasi,” tegas Handayani. 

BRI merupakan salah satu bank yang dikenal dengan fokusnya kepada UMKM, namun menurut Handayani UMKM bukan berarti mereka tidak butuh perencanaan keuangan. Apalagi UMKM adalah entrepreuner yang tentunya harus bisa merencanakan pengelolaan keuangan agar saat mendapat keuntungan bisa mengelola dengan baik.

“Saat ini, prosperity administration BRI sudah dilengkapi dengan scoring product dan details analityc yang bisa menyesuaikan profil dan kebutuhan kostumer. BRI yakin bisa memberikan solusi perencanaan keuangan yang tepat,” tandas Handayani. 

BRI mencatat peningkatan jumlah trader milenial sebesar 47%, dibandingkan periode Surat Berharga Nasional (SBN) dari tahun sebelumnya. Tidak ketinggalan, Handayani mengatakan, pencapaian dalam hal inklusi keuangan ini turut mendukung campaign G20 yang fokus terhadap peningkatan literasi keuangan dan digital.

Demografi nasabah Prosperity Administration BRI untuk kategori milenial dan Gen Z mengalami pertumbuhan signifikan dari tahun ke tahun. Selain itu, jumlah nasabah kelolaan Prosperity Management BRI secara keseluruhan juga tumbuh lebih dari 21% 12 months-on-12 months (yoy) untuk kinerja Januari 2022. 

[Gambas:Video CNBC]

(bul/bul)